PEMBELAJARAN TEKS NARATIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMPN 1 SUMBAWA

Authors

  • Emmy Nurul Ariany smp n 1 sumbawa

Keywords:

Teks Naratif., Pendekatan Saintifik, Discovery Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, serta pemerataan mutu pendidikan, maka pelaksanaan Program PKP mempertimbangkan pendekatan kewilayahan, atau dikenal dengan istilah zonasi; 2) menginspirasi guru untuk mengembangkan materi dan melaksanakan pembelajaran dengan berorientasi pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Metode deskriptif Kualitatif. Media pembelajaran yang digunakan dalam praktik terbaik ini adalah (a) contoh naratif Text berjudul “Sangkuriang”, (b) buku guru  dan  buku siswa” when english rings the bell”, kelas IX kemendikbud 2017. Instrumen yang digunakan dalam praktik baik ini ada 2 macam yaitu 1) Instrumen untuk mengamati proses pembelajaran  berupa lembar observasi; 2) Instrumen untuk melihat hasil belajar siswa dengan menggunakan uraian singkat. Hasil yang diperoleh yaitu 1) Pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Discovery learning layak dijadikan praktik baik pembelajaran berorientasi HOTS  karena dapat meingkatkan kemampuan siswa dalam melakukan transfer pengetahuan, berpikir kritis, dan pemecahan masalah; 2) Dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara sistematis dan cermat, pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Discovery learning yang dilaksanakan tidak sekadar berorientasi HOTS, tetapi juga mengintegrasikan PPK, literasi, dan kecakapan abad 21.

Downloads

Published

2023-01-27

How to Cite

Nurul Ariany, E. (2023). PEMBELAJARAN TEKS NARATIF MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMPN 1 SUMBAWA. Jurnal Kependidikan, 7(2), 39–42. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1110