ANALISIS PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA BERBASIS BUDAYA DI SEKOLAH SMA KEMALA BHAYANGKARI 3 PORONG
Keywords:
Penguatan Karakter, Religius Siswa Berbasis Budaya 5s, SMA Kemala Bhayangkari 3 PorongAbstract
Penelitian ini didasarkan pada Penguatan Karakter Religius Siswa Berbasis Budaya 5s Di
Sekolah SMA Bhayangkari 3 Porong. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan
gambaran bagaimana implementasi pendidikan karakter religius di SMA Kemala Bhayangkari
3 di Porong. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi yang telah dibahas di atas, maka SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong Kabupaten
Sidoarjo melihat penerapan penguatan pembentukan karakter 5S pada penguatan siswa melalui
budaya sekolah menggabungkan dua konsep: (1) pembelajaran; dan (2) perilaku/etika.
Langkah-langkah yang dilakukan untuk melengkapi efek penerapan pelatihan karakter 5S: (a)
menyusun (b) membuat rencana harian/minggu-ke-minggu (c) merencanakan program
pendidikan, (d) menilai kebijakan sekolah, (e) dan meningkatkan adat/budaya sekolah.
Pendidikan karakter di SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong Kabupaten Sidoarjo mengalami
tekanan karena beberapa keadaan yang mendukung. Di SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong
Kabupaten Sidoarjo, tenaga pendidik belum melaksanakan pembelajaran sebagaimana
mestinya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endah Priyati Ning Tyas, Ahkmad Qomarun Zaman, Bernaderta Budi Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.