ANALISIS PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA BERBASIS BUDAYA DI SEKOLAH SMA KEMALA BHAYANGKARI 3 PORONG

Authors

  • Endah Priyati Ning Tyas Universitas Adibuana Surabaya
  • Ahkmad Qomarun Zaman Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Bernaderta Budi Lestari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Penguatan Karakter, Religius Siswa Berbasis Budaya 5s, SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada Penguatan Karakter Religius Siswa Berbasis Budaya 5s Di
Sekolah SMA Bhayangkari 3 Porong. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan
gambaran bagaimana implementasi pendidikan karakter religius di SMA Kemala Bhayangkari
3 di Porong. Berdasarkan temuan penelitian yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi yang telah dibahas di atas, maka SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong Kabupaten
Sidoarjo melihat penerapan penguatan pembentukan karakter 5S pada penguatan siswa melalui
budaya sekolah menggabungkan dua konsep: (1) pembelajaran; dan (2) perilaku/etika.
Langkah-langkah yang dilakukan untuk melengkapi efek penerapan pelatihan karakter 5S: (a)
menyusun (b) membuat rencana harian/minggu-ke-minggu (c) merencanakan program
pendidikan, (d) menilai kebijakan sekolah, (e) dan meningkatkan adat/budaya sekolah.
Pendidikan karakter di SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong Kabupaten Sidoarjo mengalami
tekanan karena beberapa keadaan yang mendukung. Di SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong
Kabupaten Sidoarjo, tenaga pendidik belum melaksanakan pembelajaran sebagaimana
mestinya

Downloads

Published

2023-09-11

How to Cite

Tyas, E. P. N., Zaman, A. Q. ., & Budi Lestari, B. . (2023). ANALISIS PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA BERBASIS BUDAYA DI SEKOLAH SMA KEMALA BHAYANGKARI 3 PORONG. Jurnal Kependidikan, 8(2), 14–22. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1338