IMPLEMENTASI MEDIA TANGGA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Siti Asiah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Eka Nurjanah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Asmaul Khusnah Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum

Keywords:

Drill, Media Tangga Pintar, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Implementasi dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Drill dan media tangga pintarsebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Syalafiyah Syafi’iyah Bandung I Diwek Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus sesuai dengan model Kemmis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Syalafiyah Syafi’iyah Bandung I Diwek Jombang sebanyak 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data ini menggunakan flow model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada tahap pra siklus, 7 siswa tuntas dengan rata-rata 56,66 dan persentase ketuntasan 29,16 %. Pada tahap siklus 1 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 75,83 dengan persentase ketuntasan 66,6% dan siklus 2 meningkat dengan persentase 100% dengan rata-rata 91. Jadi pembelajaran dengan menggunakan metode Drill dan media tangga pintardapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Syalafiyah Syafi’iyah Bandung I Diwek Jombang.

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Asiah, S., Nurjanah, E., & Khusnah, A. (2022). IMPLEMENTASI MEDIA TANGGA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Kependidikan, 6(2), 107–114. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1348