EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN I-CLORE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MENANAMKAN KARAKTER RAKAT MUFAKAT

Authors

  • Lutfiyanti Fitriah UIN Antasari Banjarmasin
  • Agustina Agustina UIN Antasari Banjarmasin
  • Megawati Megawati UIN Antasari Banjarmasin
  • Malinda Malinda UIN Antasari Banjarmasin
  • Ajeng Cyntia Azahra UIN Antasari Banjarmasin
  • Fahmi Yahya Universitas Samawa

Keywords:

I-CLORE, Kemampuan Kognitif, Karakter Rakat Mufakat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan kognitif mahasiswa calon guru, khususnya pada topik suhu dan kalor. Selain itu, karakter rakat mufakat mahasiswa juga masih perlu dipupuk agar mereka memiliki karakter yang bersumber dari kearifan lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran I-CLORE (Islamic-Connecting to Local Wisdom, Organizing, Reflecting, dan Extending) dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan menanamkan karakter rakat mufakat. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Subjek ujicoba penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 yang mengikuti perkuliahan Fisika Dasar 1. Data diperoleh melalui pretes, posttes, dan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-Gain kemampuan kognitif setelah belajar dengan model pembelajaran I-CLORE sebesar 0,68 berkategori medium dan rata-rata karakter rakat mufakat mahasiswa sebesar 4,44 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan menanamkan karakter rakat mufakat. Jadi, model pembelajaran I-CLORE dapat digunakan di perkuliahan Fisika Dasar 1, khususnya pada topik suhu dan kalor.

Downloads

Published

2023-09-11

How to Cite

Fitriah, L., Agustina, A., Megawati, M., Malinda, M., Azahra, A. C., & Yahya, F. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN I-CLORE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MENANAMKAN KARAKTER RAKAT MUFAKAT. Jurnal Kependidikan, 8(2), 23–30. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1367