PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOLOID

Authors

  • Miftah Firjatillah Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram
  • Eka Junaidi Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram
  • Hasinah Martini Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram

Keywords:

Keaktifan, Pembelajaran Berdiferensiasi, Discovery learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan model discovery learning untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus berdasarkan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Mataram dengan jumlah peserta didik sebanyak 36, 11 laki-laki dan 25 perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar observasi keaktifan peserta didik yang terdiri dari lima indikator keaktifan dan instrumen kedua berupa lembar check list dokumentasi tugas peserta didik yang terdiri dari dua indikator. Indikator keberhasilan yang digunakan yaitu keaktifan peserta didik mencapai ? 75% dari skor maksimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentasi keaktifan belajar peserta didik mengalami peningkatan mulai dari siklus pertama hingga siklus kedua. Kenaikkan rata-rata keaktifan sebesar 43,26% dengan persentase kenaikkan tertinggi pada indikator ketiga yakni menyampaikan pendapat/ide yaitu sebesar 55,6% pada siklus I dan pada siklus dua juga mengalami kenaikkan dengan rata-rata kenaikkan sebesar 7,8% dengan kenaikkan tertinggi pada indikator ketiga menyampaikan pendapat/ide yaitu sebesar 11,1%. Untuk data pendukung kedua juga mengalami kenaikkan sebesar 13,9% dari 69,4% pada siklus I dan pada siklus II data hasil dokumentasi pengumpulan tugas mengalami kenaikkan sebesar 8,4% dari 83,3%.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Firjatillah, M., Junaidi, E., & Martini, H. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOLOID. Jurnal Kependidikan, 8(2), 38–44. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1378