OPTIMALISASI HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING
Keywords:
Problem Based Learning, Pendekatan Culturally Responsive Teaching, Hasil BelajarAbstract
Model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik diharapkan akan memberikan dampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpendekatan Culturally Responsive Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada pelajaran kimia kelas XI di SMA Negeri 1 Mataram sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pemberian tindakan kepada peserta didik. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan penulis yaitu sebanyak tiga siklus. Hasil dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini yaitu pada siklus I menerapkan Problem Based Learning berpendekatan Culturally Responsive Teaching belum berpengaruhi terhadap hasil belajar peserta didik 77,78% peserta didik mendapat nilai ?78. Selanjutnya pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar pada siklus sebelumnya 55,55% peserta didik mendapat nilai ?78. Dan pada siklus ke III 86,11% peserta didik yang berhasil mendapat mencapai nilai ?78 yang artinya telah mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu sebesar 85%. Dari data siklus I,II, dan III mengalami kenaikan hasil belajar peserta didik maka dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini menyatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpendekatan Culturally Responsive Teaching dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Desi Wahyuningsih, Yayuk Andayani, Baiq Rena Puji Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.