PENERAPAN CURTURALLY RESPONSIVE TEACHING DENGAN MEDIA LKPD BERBASIS KEBUDAYAAN MASYAKARAT DESA SADE YANG MELUMURI LANTAI DENGAN KOTORAN TERNAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROKARBON

Authors

  • Nadia Febriani Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram
  • Eka Junaidi Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram
  • Hasinah Martini Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram

Keywords:

Curturally Responsive Teaching, LKPD, Hidrokarbon, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI SAINTEK 2 SMA Negeri 2 Mataram pada materi hidrokarbon dengan menerapkan pendekatan Curturally Responsive Teaching (CRT) melalui media LKPD berbasis kebudayaan masyakarat desa sade yang melumuri lantai dengan kotoran ternak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada model Kemmis dan Taggart. Penelitian ini di lakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif yang diambil dengan teknik tes dari LKPD. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I presentase hasil belajar peserta didik sebesar 76,32% dan meningkat pada siklus II sebesar 82,86%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan penerapan pendekatan Curturally Responsive Teaching dengan media LKPD pada materi hidrokarbon dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Febriani, N., Junaidi, E., & Martini, H. (2023). PENERAPAN CURTURALLY RESPONSIVE TEACHING DENGAN MEDIA LKPD BERBASIS KEBUDAYAAN MASYAKARAT DESA SADE YANG MELUMURI LANTAI DENGAN KOTORAN TERNAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROKARBON. Jurnal Kependidikan, 8(2), 53–57. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1380