UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
Keywords:
Hasil Belajar, Discovery LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Ilmu Kesehatan Lingkungan II yang berjumlah 34 peserta didik, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 16 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi model Discovery Learning dan hasil pretest dan postes. Hasil belajar klasikal peserta didik pra siklus sebesar 41,17% tergolong dalam kategori rendah, siklus I sebesar 61,76% tergolong dalam kategori sedang, dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 79,41% tergolong dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Oleh karena itu, siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi Struktur Sel dan Transport Membran di kelas XI Ilmu Kesehatan Lingkungan SMA Negeri 4 Mataram dapat diterima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dias Paramita Audina, Syamsul Bahri, Siti Raodah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.