PENERAPAN METODE PEREKAMAN SUARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI PESERTA DIDIK DI KELAS X-10 SMA NEGERI 1 MATARAM

Authors

  • Qudsiyatun Hasanah Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram
  • Mahyudin Zuhri Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram
  • A. Wahab Jufri Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram

Keywords:

Perekaman suara, kemampuan berargumentasi

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi peserta didik di SMA Negeri 1 Mataram. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-10 yang berjumlah 36 orang. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pendekatan deksriptif kualitatif. Hasil penelitian pada kondisi awal menunjukkan kemampuan berargumentasi peserta didik yang mampu memenuhi kriteria hanya 75,19 % dengan kategori kurang. Pada siklus I, kemampuan berargumentasi peserta didik yang mampu memenuhi kriteria meningkat mencapai 81,11% dengan kategori cukup. Pada siklus II, kemampuan berargumentasi peserta didik meningkat hingga 89,07% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode perekaman suara dapat meningkatkan kemampuan berargumentasi peserta didik.

Downloads

Published

2023-12-03

How to Cite

Hasanah, Q., Zuhri, M., & Jufri, A. W. . (2023). PENERAPAN METODE PEREKAMAN SUARA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI PESERTA DIDIK DI KELAS X-10 SMA NEGERI 1 MATARAM. Jurnal Kependidikan, 8(2), 72–76. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1383