PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X3 DI SMAN 4 MATARAM PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
Keywords:
Penelitian tindakan kelas, hasil belajar, Problem based learning (PBL)Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk membantu peserta didik meningkatkan hasil belajar Biologi pada materi Perubahan Lingkungan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Mataram dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas X3 yang berjumlah 34 orang. Teknik analisis data menggunakan non tes dan tes. Non tes digunakan untuk mengobservasi kegiatan belajar peserta didik. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Indikator keberhasilan belajar peserta didik yaitu nilai KKM 75 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 78%. Hasil belajar klasikal peserta didik pra siklus sebesar 43% tergolong dalam kategori rendah, siklus I sebesar 68% tergolong dalam kategori sedang, dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 85% tergolong dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Oleh karena itu, siklus II sudah memenuhi indikator pencapaian hasil belajar peserta didik, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learinng (PBL) terhadap hasil belajar Biologi peserta didik pada materi Perubahan Lingkungan di kelas X3 SMA Negeri 4 Mataram.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eva Sujiati, Syamsul Bahri, Siti Raodah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.