MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA 2 SMAN 1 LABUAPI DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team Achievement Division)

Authors

  • Rahmatul Aulani Yuniartin Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram
  • I Wayan Merta Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram
  • Tri Sari Wijayanti Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram

Keywords:

Hasil Belajar, Tipe STAD, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA 2 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Labuapi. Terlihat adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari pra siklus sebesar 42,9% (rendah), siklus I sebesar 61,9% (sedang), dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 80% (tinggi).

 

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Yuniartin, R. A. ., Merta, I. W. ., & Wijayanti, T. S. . (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA 2 SMAN 1 LABUAPI DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team Achievement Division). Jurnal Kependidikan, 8(2), 85–89. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1399