MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA 2 SMAN 1 LABUAPI DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Student Team Achievement Division)
Keywords:
Hasil Belajar, Tipe STAD, Peserta DidikAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII MIPA 2 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Labuapi. Terlihat adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari pra siklus sebesar 42,9% (rendah), siklus I sebesar 61,9% (sedang), dan meningkat lagi pada siklus II sebesar 80% (tinggi).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahmatul Aulani Yuniartin, I Wayan Merta, Tri Sari Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.