UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII MIPA 1 MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL (TARL) DI SMA NEGERI 1 LABUAPI
Keywords:
Asesmen, Hasil Belajar, TaRLAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XII MIPA 1, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Labuapi melalui pendekatan Teaching at The Right Level. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan metode kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru biologi dan siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Labuapi tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 orang dengan 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar pretest untuk asesmen diagnostik dan posstest untuk mengukur capaian belajar peserta didik setiap siklusnya. Hasil asesmen diagnostic menunjukan hanya 8 peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM), sehingga dilanjutkan dengan penerapan Teaching at The Right Level untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I dengan persentase ketuntasan klasikal 65% (belum tuntas) dan pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal 80% (tuntas). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Labuapi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rohani Rohani, I Wayan Merta, Tri Sari Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.