STUDI TENTANG ASPIRASI MAHASISWA TERHADAP KINERJA PEMBELAJARAN DOSEN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SAMAWA

Authors

  • Muhammad Iksan Universitas Samawa

Keywords:

Aspirasi Mahasiswa, Kinerja Pembelajaran Dosen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aspirasi mahasiswa terhadap kinerja pembelajaran dosen di kelas pada program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Samawa. Penelitian ini dilaksanakan pada akhir semester ganjil dan merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I tahun akademik 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik. Analisis data menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan aspirasi mahasiswa terhadap kinerja pembelajaran dosen di program studi pendidikan ekonomi FKIP Universitas Samawa menunjukkan bahwa terdapat aspirasi positif dan negatif. Aspirasi postif tersebut berupa keinginan atau harapan mahasiswa terhadap kinerja beberapa dosen untuk tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran secara tegas sehingga dapat memberikan pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan. Kemudian aspirasi negatif berupa keinginan mahasiswa terhadap beberapa dosen agar dapat melaksanakan proses perkuliahan secara lebih disiplin sesuai jadwal yang sudah ditetapkan oleh pihak fakultas terutama intensitas tatap muka.

 

Downloads

Published

2024-01-04

How to Cite

Iksan, M. (2024). STUDI TENTANG ASPIRASI MAHASISWA TERHADAP KINERJA PEMBELAJARAN DOSEN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS SAMAWA. Jurnal Kependidikan, 8(2), 120–123. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1498