MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 5 MATARAM

Authors

  • Fitri Rahayu Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram
  • Lalu Sumardi Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram
  • Jamaluddin Jamaluddin Program Pendidikan Profesi Guru, Universitas Mataram

Keywords:

Keterampilan Kolaborasi, Discovery learning, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Keterampilan kolaborasi adalah salah satu dari keterampilan abad 21 yang penting untuk dikuasi oleh peserta didik untuk menghadapi era globalisasi saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas XI.3 SMAN 5 Mataram menggunakan model discovery learning pada pelajaran Biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi peserta didik meningkat dari kategori cukup (61%) pada siklus I meningkat menjadi kategori baik (81%) pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi peserta didik mengalami peningkatan 20%. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas ini dapat dinyatakan bahwa penerapan model disvovery learning dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik pada pembelajaran biologi di kelas XI.3 SMAN 5 Mataram.

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Rahayu, F., Sumardi, L., & Jamaluddin, J. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 5 MATARAM. Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–6. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1510