IMPLIKASI PENGGUNAAN PLATFORM MEDIA SOSIAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA

Authors

  • Selly Rizkiyah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Indira Zein Rizqin Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Milla Akbarany Baktiar Putri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Shifa Elmaliyasari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Nur Rahmat Rusdiyanto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Erwin Kusumastuti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Keywords:

Pendidikan, Era Digital, Media Sosial, Generasi Z

Abstract

Saat ini zaman semakin berkembang dan terjadi perkembangan tidak hanya dari segi sosial ekonomi saja tetapi juga dalam bidang pendidikan, pendidikan Islam juga berkembang pesat. Pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam dapat menjadikan pembelajaran lebih menarik bagi Gen Z di era yang semakin digital dan menjadikan perolehan ilmu pengetahuan  tidak monoton. Penelitian ini memanfaatkan media sosial sebagai media edukasi di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Media sosial adalah tema utama dan dampak penggunaan platform media sosial terhadap pendidikan agama dibahas.Informasi ini dikumpulkan dengan menggunakan  metode kualitatif dan kuantitatif. Studi  menyatakan  bahwa penggunaan media sosial dengan beragam kemampuannya dapat berfungsi sebagai alat pendidikan di era digital. Namun penggunaan media sosial tidak hanya memberikan dampak positif tetapi juga dampak negatif. Oleh karena itu, generasi Z diharapkan dapat mengikuti pelatihan yang diberikan agar dapat berjalan secara efektif.

Downloads

Published

2024-05-27

How to Cite

Rizkiyah, S., Rizqin, I. Z., Putri, M. A. B., Elmaliyasari, S., Rusdiyanto, N. R., & Kusumastuti, E. (2024). IMPLIKASI PENGGUNAAN PLATFORM MEDIA SOSIAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA. Jurnal Kependidikan, 9(1), 7–15. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1564