PENERAPAN REWARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PGRI 13 KOTA BOGOR
Keywords:
Reward, Motivasi, SMP PGRI 13 Kota BogorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan strategi reward tanpa poin dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP PGRI 13 Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan melibatkan wawancara dengan guru setelah observasi praktik pengajaran mereka serta penyebaran kuesioner kepada siswa dan orang tua untuk mengumpulkan data tentang persepsi mereka terhadap reward dan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi reward tanpa poin memiliki dampak yang signifikan dalam merangsang motivasi belajar siswa, meningkatkan partisipasi aktif, dan menciptakan iklim belajar yang kondusif. Analisis data dari wawancara dan kuesioner memberikan pemahaman mendalam tentang pengalaman guru dalam menggunakan reward, persepsi siswa dan orang tua terhadap strategi motivasi yang diterapkan, serta saran untuk perbaikan lebih lanjut. Temuan ini memberikan kontribusi yang berharga dalam pengembangan praktik pembelajaran yang lebih efektif di SMP PGRI 13 Kota Bogor, khususnya dalam konteks penerapan strategi motivasi yang berbasis reward tanpa poin.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ade Listia Damayanti, Nuriah Yuliati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.