PENERAPAN NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 SIDOARJO

Authors

  • Rida Novtrisa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suhari Suhari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Penerapan Nilai, Karakter, Religius

Abstract

Penerapan dan penanaman nilai-nilai karakter religius pada anak adalah tanggung
jawab bersama, yang melibatkan orang tua, guru sekolah, dan seluruh anggota masyarakat.
Reaksi masyarakat setempat terhadap kegiatan pendidikan ini sangat kuat, terutama mengingat
perkembangan karakter anak yang mengkhawatirkan serta dampak negatif globalisasi terhadap
karakter anak, sehingga menjadi tanggung jawab bersama. Tujuan dari pelaksanaan penelitian
ini meliputi: 1) Mengetahui bentuk-bentuk kegiatan implementasi nilai karakter religius pada
siswa kelas X di SMA Negeri 4 Sidoarjo; 2) Mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai
karakter religius pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Sidoarjo; 3) Mengetahui faktor
pendukung dalam penerapan nilai karakter religius pada siswa kelas X di SMA Negeri 4
Sidoarjo; 4) Mengetahui faktor penghambat dalam penerapan nilai karakter religius pada siswa
kelas X di SMA Negeri 4 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai karakter religius pada siswa kelas X di SMA
Negeri 4 Sidoarjo berjalan dengan baik. Peran guru dalam memberikan motivasi, bimbingan,
dan pembiasaan sangat signifikan. Faktor pendukungnya meliputi partisipasi warga sekolah,
ketersediaan sarana dan prasarana, serta kegiatan ekstrakurikuler.

                                                                                                   

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Novtrisa, R., & Suhari, S. (2024). PENERAPAN NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 4 SIDOARJO. Jurnal Kependidikan, 9(1), 57–62. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1626