PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA UNIVERSITA SAMAWA

Authors

  • Sri Sugiarto Universitas Samawa
  • I Made Sulindra Universitas Samawa
  • Adnan Universitas Samawa

Keywords:

Pemanfaatan Tekonologi, Artificial Intelligence (AI ), Efektivitas Pembelajaran

Abstract

Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) telah membuka peluang baru dalam peningkatan efektivitas pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penggunaan AI terhadap efektivitas pembelajaran mahasiswa di Universitas Samawa dan mengidentifikasi persepsi mahasiswa mengenai teknologi ini. Metode penelitian menggunakan survei terhadap 146 mahasiswa dengan analisis data kuantitatif untuk mengukur intensitas penggunaan AI dan persepsi terhadap aplikasinya dalam pembelajaran. Hasil menunjukkan bahwa 89,7% mahasiswa menggunakan AI, dengan 50,9% melakukannya secara rutin. Persepsi mahasiswa umumnya positif, dengan sebagian besar merasa bahwa AI membantu dalam memahami materi dan menyelesaikan tugas, meskipun ada sebagian kecil yang menunjukkan ketidakpuasan. Temuan ini mengkonfirmasi teori yang mengusulkan bahwa teknologi canggih dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, namun juga menunjukkan bahwa implementasi AI perlu penyesuaian agar lebih efektif dan inklusif. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi teknologi AI yang lebih mendalam dalam strategi pembelajaran dan perlunya dukungan tambahan bagi mahasiswa untuk memaksimalkan manfaat teknologi ini.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Sri Sugiarto, Sulindra, I. M., & Adnan. (2024). PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MAHASISWA UNIVERSITA SAMAWA. Jurnal Kependidikan, 9(1), 70–79. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1676