PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII-6 SMPN 2 SUMBAWA TAHUN AJARAN 2022/2023
Keywords:
Keterampilan menulis, Teks Deskripsi, Pendekatan KontekstualAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-6 SMPN 2 Sumbawa tahun ajaran 2022/2023 melalui pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dalam penelian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa, hal itu dibuktikan dengan perolehan nilai pada siklus I sebanyak 12 orang sisiwa tidak tuntas belajar denagn ketuntasan belajar klasikan sebanyak 63,63, sedangkan pada pelaksanaan siklus II dari keseluruhan siswa sebanayak 33 orang dinyatakan tuntas, dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-6 SMPN 2 Sumbawa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rini Qurratul Aini, Riadi Suhendra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.