PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII-6 SMPN 2 SUMBAWA TAHUN AJARAN 2022/2023

Authors

  • Rini Qurratul Aini Universitas Samawa
  • Riadi Suhendra Universitas Samawa

Keywords:

Keterampilan menulis, Teks Deskripsi, Pendekatan Kontekstual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-6 SMPN 2 Sumbawa tahun ajaran 2022/2023 melalui pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data dalam penelian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa, hal itu dibuktikan dengan perolehan nilai pada siklus I sebanyak 12 orang sisiwa tidak tuntas belajar denagn ketuntasan belajar klasikan sebanyak 63,63, sedangkan pada pelaksanaan siklus II dari keseluruhan siswa sebanayak 33 orang dinyatakan tuntas, dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII-6 SMPN 2 Sumbawa.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Qurratul Aini, R., & Suhendra, R. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS VII-6 SMPN 2 SUMBAWA TAHUN AJARAN 2022/2023. Jurnal Kependidikan, 9(1), 80–84. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1685