PENGEMBANGAN EXPERIENTIAL LEARNING MODEL BERBASIS COLABORATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN BUDAYA SISWA
Keywords:
Experiental Learning, Collaborative Problem Solving, Kecerdasan BudayaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengembangan model pembelajaran experiental berbasis kolaboratif problem solving untuk meningkatkan kecerdasan budaya siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Rancangan penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah research and development. Pada penelitian ini peneliti hanya melaksanakannya sampai pada tahap kedua yaitu proses pengembangan. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, hasil uji pakar, dan uji coba terbatas terhadap desain awal Model Pembelajaran Eksperiental Learning Berbasis Colaborative Problem Solving (ELCOPS) yang dirancang, dapat memfasilitasi siswa menguasai materi pelajaran sebagai upaya meningkatkan kecerdasan budaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suharli Suharli, Muhammad Iksan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.