PENGEMBANGAN EXPERIENTIAL LEARNING MODEL BERBASIS COLABORATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN BUDAYA SISWA

Authors

  • Suharli Suharli Universitas samawa
  • Muhammad Iksan Universitas samawa

Keywords:

Experiental Learning, Collaborative Problem Solving, Kecerdasan Budaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengembangan model pembelajaran experiental berbasis kolaboratif problem solving untuk meningkatkan kecerdasan budaya siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Rancangan penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah research and development. Pada penelitian ini peneliti hanya melaksanakannya sampai pada tahap kedua yaitu proses pengembangan. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, hasil uji pakar, dan uji coba terbatas terhadap desain awal Model Pembelajaran Eksperiental Learning Berbasis Colaborative Problem Solving (ELCOPS) yang dirancang, dapat memfasilitasi siswa menguasai materi pelajaran sebagai upaya meningkatkan kecerdasan budaya.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Suharli, S., & Iksan, M. . (2024). PENGEMBANGAN EXPERIENTIAL LEARNING MODEL BERBASIS COLABORATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN BUDAYA SISWA. Jurnal Kependidikan, 9(1), 90–98. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1690