PENGARUH PEMBELAJARAN WASAKA TERHADAP HASIL BELAJAR FLUIDA STATIS DAN KARAKTER KERJA KERAS

Authors

  • Masniah Masniah Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Antasari Banjarmasin
  • Lutfiyanti Fitriah Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Antasari Banjarmasin
  • Fahmi Yahya Universitas Samawa

Keywords:

Hasil belajar, fluida statis, kerja keras, WASAKA

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran model pembelajaran WASAKA dan mendeskripsikan pengaruh model terhadap hasil belajar dan karakter kerja keras siswa pada siswa kelas XI IPA di MA Miftahul Ulum Kalimantan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah 22 siswa. Instrumen penelitiannya adalah lembar validasi, lembar observasi, dan soal tes. Berdasarkan hasil analisis data dengan formula Aiken diketahui seluruh perangkat pembelajaran valid dengan rincian validitas RPP pada rentang 0,75-1,00; validitas soal tes pada rentang 0,75-1,00; dan validitas lembar observasi pada rentang 0,60-0,83. Uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti model pembelajaran WASAKA berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Rata-rata persentase skor karakter kerja keras selama pembelajaran sebesar 87,65% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, model pembelajaran WASAKA dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan menanamkan karakter kerja keras pada siswa.

Downloads

Published

2024-08-21

How to Cite

Masniah, M., Fitriah, L. ., & Yahya, F. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN WASAKA TERHADAP HASIL BELAJAR FLUIDA STATIS DAN KARAKTER KERJA KERAS . Jurnal Kependidikan, 9(1), 129–139. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1705