PENGEMBANGAN LKS GERAK PARABOLA DALAM SETTING STRATEGI PEMBELAJARAN PODEW BERMUATAN KEARIFAN LOKAL NUSANTARA
Keywords:
Gerak parabola, kearifan lokal, LKS, model PODEW, NusantaraAbstract
Fisika sering dianggap tidak mudah dipelajari oleh siswa SMA. Begitu pula dengan materi gerak parabola. Salah satu cara untuk membantu siswa menguasai materi ini adalah dengan menyediakan bahan ajar yang mendukung pembelajaran. Oleh karena itu, bahan ajar berupa LKS (Lembar Kerja Siswa) dikembangkan untuk dapat membantu siswa secara bertahap mempelajari materi gerak parabola. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan LKS gerak parabola yang disusun berdasarkan tahap-tahap strategi pembelajaran PODEW (Predict-Observe-Discuss-Explain-Write) bermuatan kearifan lokal Nusantara. Penelitian merupakan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), tetapi tahap penelitian ini hanya sampai pada tahap Development. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh tiga orang validator. Setelah direvisi berdasarkan saran ketiga validator, LKS kemudian dibagikan kepada siswa untuk diuji respon. Uji respon ini melibatkan 30 orang siswa di salah satu SMAN Kota Banjarmasin. Lembar validasi dan angket respon siswa menjadi instrumen dalam pengambilan data penelitian ini. Setelah data diperoleh, data dianalisis dengan statistik deskriptif, yaitu persentase. Hasil persentase kemudian dikategorikan berdasarkan kriteria tertentu. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa validitas LKS yang dikembangkan dari aspek materi dan media masing-masing sebesar 81,90% dan 94,13% dengan kategori sangat valid. Selain itu, respon siswa terhadap LKS tersebut adalah 75,00% dengan kategori baik. Jadi, LKS yang dikembangkan layak untuk diimplementasikan dalam tahap pengembangan selanjutnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Muhajir Arsyad, Lutfiyanti Fitriah; Fahmi Yahya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.