KORELASI PENGUASAAN TATA BAHASA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SUMBAWA

Authors

  • Riadi Suhendra FKIP Universitas Samawa
  • Syafruddin Syafruddin

Keywords:

Penguasaan Tata Bahasa, Keterampilan Menulis, Karya Ilmiah, Siswa Kelas XI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara penguasaan tata bahasa dan keterampilan menulis karya ilmiah siswa kelas XI di MAN 2 Sumbawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa tes dan tugas menulis karya ilmiah dalam bentuk makalah deduktif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 120 siswa, dan sampel diambil menggunakan teknik stratified random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 92 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan tata bahasa siswa berada pada kategori sedang dengan interval nilai antara 60,00 hingga 74,00. Kemampuan menulis karya ilmiah siswa juga berada pada kategori sedang dengan interval nilai antara 69,73 hingga 76,61. Analisis korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan positif sebesar 0,294 antara penguasaan tata bahasa dan keterampilan menulis karya ilmiah. Sesuai dengan uji korelasi, didapat nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,004 < 0,05), sehingga hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini berarti terdapat hubungan positif antara penguasaan tata bahasa dengan keterampilan menulis karya ilmiah sebesar 0,294 pada kolom Pearson correlation. Artinya, semakin tinggi penguasaan tata bahasa, semakin tinggi pula keterampilan menulis karya ilmiah siswa, dan begitu pula sebaliknya.

Downloads

Published

2025-01-13

How to Cite

Suhendra, R., & Syafruddin, S. (2025). KORELASI PENGUASAAN TATA BAHASA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 SUMBAWA . Jurnal Kependidikan, 9(2), 18–27. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1874