LITERATURE REVIEW: PENGARUH ARTIFICIAL INTELLEGENT DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Satri Asriyanti Universitas Samawa
  • Andi Haris Universitas Samawa
  • Fahmi Yahya Universitas Samawa

Keywords:

Artificial Intellegent, Bahasa Inggris, Teknologi Pendidikan, Literature Review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) dalam pengembangan keterampilan bahasa Inggris, khususnya pada aspek berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Dengan menggunakan metode literature review, penelitian ini menganalisis berbagai jurnal akademik yang relevan, yang diakses melalui Research Gate, Google Scholar, dan Semantic Scholar. Hasil analisis menunjukkan bahwa teknologi AI, seperti pengenalan suara, aplikasi chatbot, dan alat bantu menulis, memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan motivasi, kepercayaan diri, dan keterampilan komunikasi pelajar bahasa Inggris. Beberapa alat seperti Duolingo, QuillBot, dan Google Read Along berhasil membuktikan efektivitasnya dalam memberikan pengalaman belajar yang dipersonalisasi dan adaptif. Namun, penelitian juga mengungkapkan beberapa tantangan, seperti kesenjangan akses teknologi, potensi ketergantungan, serta isu etika terkait privasi data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa AI memiliki potensi besar untuk merevolusi pembelajaran bahasa Inggris jika diterapkan secara bertanggung jawab. Studi ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengajar dan pelajar dalam memanfaatkan AI untuk mendukung proses pembelajaran bahasa Inggris secara optimal.

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Asriyanti, S., Haris, A., & Yahya, F. (2024). LITERATURE REVIEW: PENGARUH ARTIFICIAL INTELLEGENT DALAM PENINGKATAN PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS. Jurnal Kependidikan, 9(2), 40–48. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1888