UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGDI KELAS XI MIA 1 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR SEMESTER GANJILTAHUN PELAJARAN 2018/2019
Keywords:
Hasil Belajar Biologi Siswa, Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran Discovery LearningAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem gerak pada manusia di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa pada materi sistem gerak pada manusia di kelas XI MIA 1 melalui model pembelajaran discovery learning SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan. Siklus I guru memberikan materi ajar struktur tulang, otot dan sendi pada manusia, penilaian dilakukan oleh guru dan observer (guru serumpun pelajaran) dengan menggunakan lembar instrumen dari aspek kognitif dan keaktifan belajar siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pada siklus II guru memberikan materi ajar kelainan atau penyakit yang berkaitan dengan sistem gerak pada manusia. Hasil evaluasi dan refleksi keseluruhan di siklus I diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 78,57% dan rata-rata kelas 76,04 mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 89,29% dan rata-rata kelas sebesar 83,46. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sudah melampaui ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan dalam penelitian yaitu 85%. Adapun dari segi keaktifan siswa diperoleh hasil pada siklus I sebesar 40,14 kategori baik mengalami peningkatan keaktifan siswa sebesar 44,11 kategori baik dengan rata-rata peningkatan keaktifan siswa sebesar 3,97. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar biologi siswa dan keaktifan belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia melalui model pembelajaran discovery learning di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019