PROFIL MULTIPLE INTELLIGENCES DAN PENGARUHNYA TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA CALON GURU FISIKA
Keywords:
multiple intelligences, kompetensi, mahasiswa calon guru fisikaAbstract
Permasalahan kualitas pembelajaran dalam kelas sangat dipengaruhi oleh kompetensi mengajar guru. Salah satu faktor yang mempengaruhi kompetensi adalah kecerdasan yang dimiliki oleh guru tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan profil multiple intelligences mahasiswa calon guru fisika, 2) mendeskripsikan profil kompetensi mahasiswa calon guru fisika, dan 3) mengetahui pengaruh multiple intelligences terdap kompetensi mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa calon guru fisika yang berjumlah 57 orang dan sampel berjumlah 17 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Multiple intelligences dan kompetensi yang dimiliki mahasiswa calon guru fisika diungkapkan melalui angket, observasi, dan wawancara. Untuk mencapai tujuan satu dan dua maka data dianalisis dengan statistik deskriptif dan untuk tujuan ketiga dianalisis dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata multiple intelligences yang dimiliki oleh mahasiswa cukup baik yang meliputi aspek linguistik, logika matematika, kinestik, visual spasial, interpersonal dan intrapersonal. Multiple intelligences yang paling menonjol adalah interpersonal. Rata-rata kompetensi mahasiswa cukup baik yang meliputi aspek kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial. Kompetensi yang paling menonjol adalah kompetensi sosial. Pengaruh multiple intelligences terhadap kompetensi mahasiswa calon guru fisika memenuhi persamaan Y = 124,23 + 0,33X.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.