HUBUNGAN KUALITAS MANAJEMEN SARANA PENDIDIKAN DENGAN KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN SARANA BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) GRAFIKA SE-KOTA MALANG
Keywords:
Kualitas Manajemen Sarana Pendidikan, Keefektifan Penggunaan Sarana BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kualitas manajemen sarana pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika Se-Kota Malang; keefektifan penggunaan sarana belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika Se-Kota Malang; hubungan antara kualitas manajemen sarana pendidikan dengan keefektifan penggunaan sarana belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika Se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Sedangkan teknik analisis data yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif, uji normalitas dan teknik analisis korelasi. Tingkat kualitas manajemen sarana pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika Se-Kota Malang tergolong tinggi karena adanya pengelolaan manajemen sarana pendidikan yang baik, sedangkan tingkat keefektifan penggunaan sarana belajar di sekolah menengah kejuruan (SMK) Grafika Se-Kota Malang juga tergolong tinggi karena adanya penggunaan sarana belajar secara efektif dan ada hubungan positif dan signifikan antara variabel kualitas manajemen sarana pendidikan (X) dengan keefektifan penggunaan sarana belajar (Y). Semakin tinggi kualitas manajemen sarana pendidikan (X) maka keefektifan penggunaan sarana belajar semakin tinggi pula.