EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI KECAMATAN SUMBAWA

Authors

  • Wiwi Noviati Universitas Samawa
  • Syafruddin Syafruddin Universitas Samawa
  • Linda Mayasari Universitas Samawa

Keywords:

Efektivitas, LKPD, HOTS, Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Kecamatan Sumbawa.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah design one group pretest- posttest design. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan purposive sampling dengan menentukan kriteria-kriteria tertentu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis HOTS efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas X di masing-masing SMA Negeri Kecamatan Sumbawa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji One Way ANOVA dengan nilai signifikasi sebesar 0.000< 0.05 yang dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil uji Post Hoc LSD bahwa perbedaan rata-rata nilai posttest yang paling signifikan adalah sebesar 4.303 yaitu hasil posttest SMA Negeri 1 dengan posttest SMAN 2

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Noviati, W., Syafruddin, S., & Mayasari, L. . (2022). EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HOTS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI KECAMATAN SUMBAWA. Jurnal Kependidikan, 6(2), 11–17. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/448