PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII-C SMPN 2 LOPOK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Sri Utami Universitas Samawa
  • Rini Qurratul Aini Universitas Samawa
  • Riadi Suhendra Universitas Samawa

Keywords:

Menulis Deskripsi, Picture and Picture

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  peningkatan  keterampilan  menulis  deskripsi  dengan  menggunakan model  picture and picture  pada siswa kelas VII-C SMPN 2 Lopok tahun pelajaran 2020/2021, untuk mencapai tujuan dalam  penelitian  ini  digunakan  penelitian  tindakan  kelas.  Teknik  pengumpulan  datanya  adalah  dengan  menggunakan teknik  observasi,  tes,  dokumentasi,  dan  wawancara.  Sedangkan  teknik  analisis  data  dilakukan  secara  deskriptif berdasarkan rumus evaluasi ketuntasan belajar. Penyajian data yang digunakan berdasarkan pada pelaksanaan penelitian tindakan  kelas,  yakni  perencanaan,  observasi,  tindakan,  dan  refleksi.  Sedangkan  validitas  datanya  menggunakan triangulasi model. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus I  yakni 80,29 dan terdapat 5 siswa dari  17  siswa  yang  memiliki  nilai  di  bawah  KKM.  Sedangkan  pada  siklus  II  nilai  rata-rata  kelas  adalah  84,12  dan seluruh  siswa  telah  memenuhi  KKM.  Sehingga  dapat  diketahui  bahwa  penggunaan  model  pembelajaran  picture  and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi pada siswa kelas VII-C SMPN 2 Lopok.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Utami, S., Qurratul Aini, R., & Suhendra, R. . (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII-C SMPN 2 LOPOK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Kependidikan, 6(2), 26–33. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/455