PENERAPAN MODEL TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI RADIASI ELEKTROMAGNETIK DI KELAS XII MIA 3 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Wiwin Agustin SMA Negeri 3 Sumbawa Besar

Keywords:

Hasil Belajar Fisika, , Model Tutor Sebaya

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap sikus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIA 3 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 24 orang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika siswa pada konsep Radiasi Elektromagnetik. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menerapkan disain tindakan berdasarkan prinsip-prinsip disain pembelajaran model tutor sebaya. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambil data tes yang digunakan yaitu berupa soal postest untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa, sedangkan alat pengambil data nontes yang digunakan adalah pedoman observasi, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Fisika melalui penerapan model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa. Pada Siklus I nilai rata-rata diperoleh sebesar 76,38 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 79,17% masih berada dibawah indikator ketuntasan klasikal yang ditetapkan dalam penelitian yaitu 85% . Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,21 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87,50% telah melampaui indikator ketuntasan klasikal yang ditetapkan. Rata-rata nilai klasikal mengalami peningkatan sebesar 4,83%, sedangkan ketuntasan belajar klasikal juga mengalami peningkatan sebesar 8,33%. Adapun keaktifan siswa siklus I diperoleh persentase aktifitas sebesar 63,33% kategori cukup dan siklus II diperoleh persentase aktifitas sebesar 77,08% kategori baik dan mengalami peningkatan sebesar 13,75%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran Fisika pada materi radiasi elektromagnetik dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan belajar siswa di kelas XII MIA 3 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Agustin, W. (2022). PENERAPAN MODEL TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI RADIASI ELEKTROMAGNETIK DI KELAS XII MIA 3 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Kependidikan, 6(2), 40–49. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/759