PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MODEL BLENDED LEARNING TIPE WEB COURSE PADA MATERI INDIVIDU, KELOMPOK, DAN HUBUNGAN SOSIAL DI KELAS X IIS 4 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Tatiek Handayani SMA Negeri 3 Sumbawa Besar

Keywords:

Hasil Belajar Sosiologi, Minat Belajar, Model Blended Learning Tipe Web Course

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap sikus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IIS 4 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa seluruhnya 34 orang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sosiologi melalui penerapan model blended learning tipe web course saat pandemi covid 19 pada materi individu, kelompok dan hubungan sosial di kelas X IIS 4 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model blended learning tipe web course dapat meningkatkan minat dan hasil belajar sosiologi siswa. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata posttest  sebesar 76,74 dari 34 siswa, jumlah siswa tuntas belajar sebanyak 25 (73,53%) siswa dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 9 (26,47%) siswa, sehingga diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 73,53% belum mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 85%. Sedangkan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 80,85 dari 34 siswa, jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 30 (88,24%) siswa dan jumlah siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 5 (11,76%) siswa, sehingga diperoleh persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88,24% telah melampaui indikator yang ditetapkan yaitu 85%. Adapun minat belajar siswa pada siklus I sebesar 68,07% kategori cukup minat mengalami peningkatan minat belajar siswa pada siklus II sebesar 87,40% kategori minat tinggi.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Handayani, T. (2022). PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI MODEL BLENDED LEARNING TIPE WEB COURSE PADA MATERI INDIVIDU, KELOMPOK, DAN HUBUNGAN SOSIAL DI KELAS X IIS 4 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Jurnal Kependidikan, 6(2), 60–68. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/761