PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA MIND MAPPING PADA MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA DI KELAS XII IIS 1 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Keywords:
Prestasi Belajar, Model Pembelajaran, Numbered Head Together (NHT)., Media Mind MappingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapat informasi sejauh mana peningkatan prestasi belajar Ekonomi dan aktivitas belajar siswa kelas XII IIS 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar pada materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah kelas XII IIS 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 27 orang dengan rincian 19 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus dengan jumlah tatap muka sebanyak 4 kali pertemuan. Pada siklus pertama dilakukan dalam 2 kali pertemuan dan siklus II dilakukan 2 kali pertemuan. Berdasarkan analisis siklus I diperoleh data mengenai aktivitas belajar siswa yang cukup baik akan tetapi hasil belajar siswa belum mencapai standar yang ditetapkan dalam penelitian. Melalui refleksi siklus I diperoleh data bahwa dari segi aktivitas siswa masih pasif terhadap pembelajaran Ekonomi. Semua kegiatan berlangsung sesuai dengan rencana, akan tetapi dari segi hasil masih ditemukan kelemahan. Data tiap siklus diperoleh melalui analisis hasil belajar siswa melalui lembar kerja siswa (LKS), dan lembar pertanyaan postest, serta Lembar Observasi Pembelajaran dengan Model Numbered Head Together (NHT) dan media Mind Mapping di Kelas XII IIS 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui pengamatan dari guru mitra. Dari analisis data siklus I diperoleh hasil yaitu jumlah siswa seluruhnya 27 orang, terdapat 5 (18,52%) orang siswa yang belum tuntas belajar dan 22 (81,48%) orang siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata sebesar 79,26 sehingga diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal masih di bawah 85% yaitu 81,48%. Dengan demikian diperlukan perbaikan siklus I dengan melaksanakan siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil yaitu jumlah siswa seluruhnya 27 orang, terdapat 3 (11,11%) orang siswa belum tuntas belajar dan 24 (88,89%) orang siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata sebesar 82,33 sehingga diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal sudah melampaui kriteria keterlaksanaan pembelajaran 85% yaitu 88,89%. Adapun dari segi aktivitas siswa diperoleh rata-rata persentase aktivitas siswa dalam proses pembelajaran siklus I sebesar 60,91% dengan predikat cukup mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77,37% dengan predikat baik. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan media Mind Mapping pada materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Ekonomi siswa di kelas XII IIS 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Kependidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.