PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS (WRITING SKILL) SISWA PADA MATERI OPINIONS AND THOUGHTS DI KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Amatollah Amatollah SMA Negeri 3 Sumbawa Besar

Keywords:

Keterampilan Menulis (Writing Skill), Hasil Belajar Siswa, , Aktifitas Belajar, Media Film Dokumenter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapat informasi sejauh mana peningkatan keterampilan menulis (writing skill) dan hasil belajar bahasa inggris siswa di kelas XI IIS 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar pada materi Opinions And Thoughts dengan menggunakan media film dokumenter semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah kelas XI IIS 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 28 orang dengan rincian 12 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus dengan jumlah tatap muka sebanyak 4 kali pertemuan. Pada siklus pertama dilakukan dalam 2 kali pertemuan dan diperoleh data mengenai aktifitas belajar siswa yang cukup baik akan tetapi keterampilan menulis (writing skill) dan hasil belajar siswa belum mencapai standar yang ditetapkan dalam penelitian ini. Melalui refleksi siklus I diperoleh data bahwa semua kegiatan berlangsung sesuai dengan rencana, akan tetapi dari segi hasil masih ditemukan kelemahan. Data tiap siklus diperoleh melalui analisis hasil belajar siswa melalui lembar kerja siswa (LKS), soal pretest dan postest, lembar observasi aktifitas siswa, dan Lembar Observasi Pembelajaran dengan media film dokumenter di Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar  semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 melalui pengamatan dari guru mitra. Dari analisis data pada siklus I diperoleh keterampilan menulis (writing skill) sebesar 64,28% kategori cukup, observasi kegitan guru sebesar 58% kategori sedang dan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata posttest sebesar 79,11. Namun hasil tes akhir (postest) siklus I mencapai persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 71,43% belum memenuhi indikator keberhasilan klasikal yang ditetapkan dalam penelitian yaitu 85%. Dengan demikian diperlukan perbaikan pada siklus II diperoleh keterampilan menulis (writing skill) sebesar 82,14%, observasi kegiatan guru sebesar 78% kategori tinggi dan  hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata posttest sebesar 82,14 serta persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 89,29% sudah melampaui indikator keberhasilan 85%. Pada aktifitas siswa siklus I diperoleh persentase aktifitas keseluruhan sebesar 69,70% kriteria sedang dan aktifitas belajar siswa siklus II diperoleh persentase sebesar 88,47% kriteria tinggi. Dengan demikian penggunaan media film dokumenter pada materi opinions and thoughts dapat meningkatkan keterampilan menulis (writing skill) dan hasil belajar bahasa inggris siswa di kelas XI IIS 1 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Amatollah, A. (2022). PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS (WRITING SKILL) SISWA PADA MATERI OPINIONS AND THOUGHTS DI KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Kependidikan, 6(2), 79–87. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/763