PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MATRIKS DI KELAS XI MIA 5 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Fitria Astasari SMA Negeri 3 Sumbawa Besar

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Aktifitas Belajar, Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapat informasi sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head togther (NHT) pada materi Matriks di kelas XI MIA 5 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian adalah kelas XI MIA 5 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 27 orang dengan rincian 12 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus dengan jumlah tatap muka sebanyak 4 kali pertemuan. Siklus I peneliti memberikan materi ajar pengertian dan operasi matriks. penilaian dilakukan oleh guru dan observer (guru serumpun pelajaran) dengan menggunakan lembar instrumen dari aspek kognitif, dan aktifitas belajar siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pada siklus II peneliti memberikan materi ajar determinan dan invers matrik. Hasil evaluasi dan refleksi keseluruhan di siklus I diperoleh hasil yaitu dari 27 siswa yang diteliti dihasilkan rata-rata nilai sebesar 76,82 dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 77,78% mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata nilai sebesar 79,26 dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88,89% dengan persentase peningkatan hasil belajar siswa sebesar 11,11%. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal sudah melampaui ketuntasan belajar klasikal yang ditetapkan dalam penelitian yaitu 85%. Adapun dari segi aktifitas belajar siswa diperoleh hasil pada siklus I sebesar 72,84% kategori cukup baik mengalami peningkatan aktifitas belajar siswa sebesar 84,77%  kategori baik dengan rata-rata peningkatan aktifitas belajar siswa sebesar 11,93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Matematika siswa dan aktifitas belajar siswa pada materi matriks  melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Tofether (NHT) di kelas XI MIA 5 SMA Negeri 3 Sumbawa Besar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Astasari, F. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MATRIKS DI KELAS XI MIA 5 SMA NEGERI 3 SUMBAWA BESAR SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Jurnal Kependidikan, 6(2), 88–96. Retrieved from https://e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/981