WORKSHOP PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DI KABUPATEN SUMBAWA

Authors

  • Darmanto Darmanto Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Wahyu Haryadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Komang Metty Trisna Negara Fakultas Teknik, Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Pratiwi Dian Ilfiani Fakultas Teknik, Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia
  • Muhammad Anugerah Puji Sakti Fakultas Hukum, Universitas Samawa, Sumbawa Besar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58406/jpml.v7i1.1623

Keywords:

Workshop, PTK, Guru

Abstract

Guru sebagai salah satu komponen vital dalam penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah di Indonesia dituntut dituntut untuk menemukan berbagai inovasi dalam pengajaran supaya dapat menciptakan suansana pembelajaran yang interaktif, partisipatif, dan menyenangkan. Inovasi-inovasi tersebut dapat ditemukan melalui penelitian.  Salah satu penelitian yang dapat dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan
pengetahuan dan pemahaman para guru yang bernaung di bawah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Sumbawa berkaitan dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 22 November 2022 di Auditorium Universitas Samawa, Sumbawa Besar. Kegiatan ini diikuti 150 orang peserta, terdiri dari guru PAUD, SD, SMP, SMK, dan SMA se-Kabupaten Sumbawa. Metode dalam kegiatan pengabdian ini dibagi dalam 2 tahapan. Tahap pertama, pemaparan materi/ceramah yang disampaikan oleh naraasumber. Tahap kedua, pendampingan penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kepada para peserta.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Darmanto, D., Haryadi, W., Negara, K. M. T., Ilfiani, P. D., & Sakti, M. A. P. (2024). WORKSHOP PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DI KABUPATEN SUMBAWA. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 7(1), 244–250. https://doi.org/10.58406/jpml.v7i1.1623

Most read articles by the same author(s)