OPTIMASI PEMANFAATAN E-COMMERCE PADA PEMASARAN PRODUK UMKM DALAM MEMBANTU PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.58406/jpml.v4i2.462Keywords:
E-Commerce, UMKM, PendapatanAbstract
Pandemi Covid-19 telah menimbulkan permasalahan pada banyak aspek kehidupan, tidak terkecuali perekonomian. Penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menyebabkan interaksi fisik antara sesama manusia menjadi berkurang sehingga banyak UMKM yang mengalami penurunan penjualan. Pada ruang gerak yang terbatas, UMKM dituntut memiliki strategi yang tepat dalam memasarkan produk yang dihasilkan, salah satunya melalui e-commerce. Penjualan menggunakan e-commerce memberikan banyak kemudahan bagi para pengusaha kecil dan menengah untuk dapat mengembangkan cakupan target pasar. Melalui e-commerce, penjual tidak hanya menunggu pelanggan melewati toko, akantetapi pelanggan bisa didapatkan hanya dengan menggunakan sistem yang mencakup seluruh penggunaan web secara online. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat, khususnya pelaku UMKM agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan pemasaran melalui e-commerce sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.