PENYULUHAN DAN PELATIHAN LABELING, PACKAGING DAN MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI KABUPATEN SUMBAWA

Authors

  • Roos Nana Sucihati Universitas Samawa
  • S Suprianto Universitas Samawa
  • Marisa Sutanty Universitas Samawa
  • Wahyu Haryadi Universitas Samawa
  • I Ismawati Universitas Samawa

DOI:

https://doi.org/10.58406/jpml.v4i2.820

Keywords:

labeling, packaging, marketing, penjualan, UMKM

Abstract

Desa Nijang Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa mengenal sebagai sentra produksi genteng dan batu bata merah, selain itu juga terdapat insdustri rumah tangga yang memproduksi berbagai macam makanan ringan. Namun, makanan ringan yang mereka hasilkan dari sisi penampilan baik label dan kemasan masih sederhana. Tujuan pengabdian kepada masyarakat untuk mengenalkan strategi branding (pengemasan dan pelabelan) dan pemasaran yang baik dan menarik, dan kegiatan pelatihan bertujuan untuk melatih skill masyarakat dan pelaku UMKM mengenai cara pembuatan kemasan, label, dan pemasaran yang baik dan menarik. Metode yang digunakan dalam skema sosialisasi dan pelatihan kepada masyarakat terkait strategi labeling, packaging dan marketing untuk meningkatkan penjualan produk UMKM di Kabupaten Sumbawa ini dilaksanakan di Desa Nijang Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa pada hari Senin, 08 November 2021. Hasil pengabdian kepada masyarakat menujukan bahwa Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar setelah melakukan kegiatan pengabdian dalam rangka meningkatkan kualitas dan volume penjualan atas produk yang dihasilkan oleh UMKM melalui penyuluhan dan pelatihan labeling, packaging dan marketing telah mampu meningkatkan penjulan produk para pelaku home industry dan UMKM di Desa Nijang Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa dengan kemasan yang lebih bagus, yaitu dengan menggunakan plastik yang lebih tebal untuk melindungi produk dan menggunakan alat pemanas listrik sebagai alat perekat bungkus sehingga tidak cepat terbuka, dan juga produk terlihat lebih menarik dan informatif karena telah mempunyai identitas atau label serta dapat menjangkau pasar yang lebih luas menggunakan e-commerce sehingga usaha yang dijalankan agar bisa tetap eksis di era revolusi industri 4.0.

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Sucihati, R. N., Suprianto, S., Sutanty, M., Haryadi, W., & Ismawati, I. (2023). PENYULUHAN DAN PELATIHAN LABELING, PACKAGING DAN MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI KABUPATEN SUMBAWA. Jurnal Pengembangan Masyarakat Lokal, 4(2), 277–282. https://doi.org/10.58406/jpml.v4i2.820

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>