PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN INFORMASI UNTUK PENINGKATAN KINERJA PENJUALAN PADA UMKM YEYA FOOD & BEVERAGES SUMBAWA BESAR
Keywords:
Inovasi Pemasaran, Kinerja Penjualan, UMKMAbstract
UMKM tersebut harus mampu beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan
kemajuan teknologi dan informasi sebagai bagian integral dalam strategi
pemasaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi
pemasaran yang tepat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan
informasi untuk meningkatkan kinerja penjualan produk pada UMKM Yeya
Food & Beverages Sumbawa Besar. Penelitian ini adalah penelitian lapangan
(field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dilaksanaka dari bulan
Maret-Juni 2024, menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa bahwa inovasi pemasaran dengan memanfaatkan
kemajuan teknologi dan informasi merupakan strategi yang sangat diperlukan
untuk menjaga relevansi bisnis dan memenangkan pasar yang semakin
kompetitif. Pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi untuk mendukung
kegiatan pemasaran pada UMKM Yeya Food & Beverages Sumbawa Besar,
maka akan dapat memberikan manfaat positif dalam berbagai aspek bisnis,
mulai dari memperluas jangkauan pemasaran, mendorong peningkatan
penjualan produk, dan meningkatkan daya saing di pasar yang semakin
kompetitif sehingga pada akhirnya akan dapat meningkatkan keuntungan yang
diperoleh UMKM. Penerapan digital marketing tidak lagi hanya menjadi opsi,
tetapi suatu kebutuhan bagi UMKM yang ingin tetap relevan dan bersaing
dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif dan terus berubah.